(021) 22641835 - 081281106677

marketing@discovery-holiday.com

Tips Merencanakan Liburan

Tips Merencanakan Liburan

Tips Merencanakan Liburan

Tentukan Tema Liburan sebelum Bepergian

Agar liburan meng asyikkan, terlebih dahulu berunding dengan anggota keluarga mengenai tempat tujuan wisata.

Merencanakan liburan memang selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan, terlebih bila liburan dilakukan bersama keluarga. Mulai dari merencanakan daerah tujuan, objek wisata, kendaraan yang digunakan, tempat penginapan, bahkan pakaian seperti apa yang sebaiknya dibawa. Oleh karena itu, agar liburan dengan keluarga berjalan dengan aman, nyaman, dan mengasyikkan, terlebih dahulu berundinglah dengan berbagai anggota keluarga mengenai tempat tujuan wisata. Setelah itu lakukan perencanaan bujet serta barang bawaan.

Anggota Komisi X DPR-RI yang membidangi Budaya, Pariwisata, Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Dedi Gumelar mengatakan sebelum berwisata biasanya terlebih dahulu menentukan tema serta manfaat dari liburan. Dedi yang akrab dipanggil Miing itu juga membagi tema liburan menjadi dua, yakni petualangan atau adventure dan juga mengunjungi objek wisata tertentu atau visiting.

“Yang terpenting adalah me nentukan what atau apa yang ingin didapatkan dalam liburan. Bila ingin mendapatkan pengetahuan tentang sejarah, kota tua, budaya atau kesultanan, dapat berkunjung ke Cirebon atau Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Miing.

Tips Merencanakan Liburan

PANTAI KEPULAUAN SERIBU Panorama Pantai Kepulauan Seribu di Pantai Selatan Jakarta terlihat saat wisatawan menaiki perahu dengan kapal kayu.

Bila ingin visiting, tambah Miing, bisa ke Danau Toba, atau ingin berpetualang ke Gunung Pangrango dan Gunung Salak, atau bisa juga ke pantai.” Setelah menentukan manfaat liburan, serta tujuan daerah wisata, selanjutnya mempersiapkan pakaian dan fisik anggota keluarga. Terkait dengan pakaian pastinya liburan berpetualang ke gunung berbeda dengan wisata pantai. Namun, dari segi fisik tetap harus dipersiapkan agar menjalani liburan dengan fit. Pada bagian lain, Miing berharap agar Kementerian Budaya dan Pariwisata menjemput bola dalam hal wisatawan domestik yang ingin berlibur di dalam negeri. Caranya dengan melakukan promosi yang dilakukan ketika menjelang liburan. Bila ingin visiting, tambah Miing, bisa ke Danau Toba, atau i ngin berpetualang ke Gunung Pangrango dan Gunung Salak, atau bisa juga ke pantai.” Setelah menentukan manfaat liburan, serta tujuan daerah wisata, selanjutnya mempersiapkan pakaian dan fisik anggota keluarga. Terkait dengan pakaian pastinya liburan berpetualang ke gunung berbeda dengan wisata pantai. Namun, dari segi fisik tetap harus dipersiapkan agar menjalani liburan dengan fit. Pada bagian lain, Miing berharap agar Kementerian Budaya dan Pariwisata menjemput bola dalam hal wisatawan domestik yang ingin berlibur di dalam negeri. Caranya dengan melakukan promosi yang dilakukan ketika menjelang liburan.

“Di Indonesia masih banyak orang yang belum paham dengan penggunaan teknologi internet, oleh karena itu promosi wisata di televisi dan radio menjadi penting karena gampang diakses masyarakat,” tandasnya. Dengan adanya promosi itu, lanjutnya, Miing juga mengharapkan agar pasar domestik menjadi bergairah dan anak muda yang berlibur ke luar negeri semakin berkurang.

Tips Merencanakan Liburan

  1. Riset. Cari informasi mengenai daerah, objek wisata, biaya, waktu tempuh, ongkos, dan tempat penginapan yang dituju baik dari majalah, internet, atau dari orang yang sudah pernah berkunjung.
  2. Peta wisata. Siapkan peta daerah yang dituju yang menunjukkan lokasi, skala untuk memperkirakan jarak dan waktu tempuh, serta rute kendaraan umum dan terminal.
  3. Transportasi. Tentukan alternatif transportasi untuk menuju tempat wisata dan lakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan sehingga lebih hemat.
  4. Akomodasi. Lakukan pemesanan hotel melalui travel untuk mendapatkan harga diskon dan di bawah harga publish rate, dan pesan jauh hari untuk memastikan ketersediaan kamar.
  5. Mengepak barang. Bawa barang secukupnya dan efi sien, serta tidak membawa barang berharga ke tempat wisata
  6. P3K. Siapkan obat-obatan pribadi yang sulit untuk didapatkan di berbagai daerah, terutama obat fl u, demam, sakit kepala, sakit perut, dan alergi.
  7. Berpikir positif. Nikmati perjalanan wisata dengan kekurangan dan kelebihannya dan buatlah perjalanan wisata menjadi menyenangkan.

Faktor keamanan

Sementara itu, penulis buku Jilbab Traveler Asma Nadia justru menekankan faktor keamanan bagi perempuan yang ingin merencanakan liburan seorang diri maupun bersama keluarga. Bagi Asma, selain memperhatikan faktor biaya yang hemat dan murah dalam perjalanan, perempuan perlu melakukan penelitian mengenai keamanan daerah tujuan dan akomodasi yang aman dan nyaman.“Terlebih untuk perempuan muslimat yang berjilbab pastinya tidak dapat tidur bareng atau berbagi kamar dan kamar mandi dengan orang lain,” paparnya. Oleh karena itu, jauh hari sebelum liburan, jelas Asma, lakukan persiapan dan penelitian dari internet mengenai tempat tujuan, penginapan, dan transportasi. Persiapan jauh hari juga akan menghemat biaya karena pemesanan tiket biasanya lebih murah. Asma juga menambahkan sebaiknya membawa peta daerah tujuan wisata dan juga in formasi wisatawan, serta belajar mengepak barang dengan praktis dan membawa perangkat yang ringan. Makanan ringan pengganjal perut seperti cokelat dan makan ringan lainnya juga tak ada salahnya turut dibawa. “Jangan lupa juga untuk membawa pemba lut bagi perempuan yang akan melakukan perjalanan liburan, hal ini berguna bila dalam keadaan mendadak dan sulit mencari tempat untuk membeli pembalut,” tutup Asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *